Apa sih Ekskul Ruqyah?

Apa sih Ekskul Ruqyah?

Apa Sih Ekskul Ruqyah? – Ekskul merupakan singkatan dari ekstrakulikuler. Ekstrakurikuler ruqyah merupakan terobosan baru di dunia pendidikan di Indonesia. Ekskul ruqyah ini berbeda sekali dengan ekskul rohis, kalau rohis hanya kegiatan dan keilmuan agama saja. Sedangkan dalam ekskul ruqyah lebih condong kaidah medis dan keagamaan sehingga ekskul ruqyah ini bermanfaat untuk kesehatan jasmani maupun kesehatan rohani. Ekskul ruqyah dalam generasi pertama dimulai dari Oktober 2016 dan berakhir dengan sertifikasi profesi yang terlaksana pada 14 Mei 2017. Artinya ekskul ruqyah ini sudah menempuh pembelajaran selama 8 bulan lamanya. Dengan demikian, peserta ekskul ruqyah ini sudah terlatih dilapangan dengan dilaksanakannya ruqyah massal dimana mereka sebagai tim yang mendampingi sang pembina ekskul ruqyah untuk memberikan penyuluhan dan pencerahan kepada masyarakat tentang pentingnya penyembuhan dengan terapi ruqyah. Sebetulnya tidak etis kalau dijelaskan panjang lebar dalam pembukaan ini, sebaiknya dibaca saja ya ulasan yang disuguhkan ini sampai tuntas.

DAFTAR ISI

Pengertian Ekskul Ruqyah
Peserta Ekskul Ruqyah Bersertifikasi
Logo Ekskul Ruqyah
Biaya Sertifikasi Profesi Praktisi Ruqyah Nasional
Prosedur Pembentukan Ekskul Ruqyah di Sekolah Masing-Masing


Pengertian Ekskul Ruqyah
Ekskul ruqyah adalah kegiatan yang berasaskan keagamaan disebabkan menggunakan ayat-ayat al-Qur’an maupun doa dari sunnah nabi (al-hadits) dan juga menerapkan kaidah medis seperti halnya teknik kedokteran dan juga menggunakan psikologi melalui konseling untuk mengetahui diagnosa dan analisa kasus ruqyah yang sedang ditangani. Nah, itulah pengertian dari ekskul ruqyah yang dimaksud. Pelopor ekskul ruqyah di Indonesia ini adalah Muhammad Adam Hussein, S.Pd, M.QHi, beliau adalah master herbal dan ruqyah yang sudah bersertifikat nasional dari lisensi yang diberikan oleh Yayasan Quranic Healing Indonesia (QHI) dan juga Cinta Ruqyah Syar’iyyah (CRS). Ekskul ruqyah ini dikenalkan pertama kali di SMK YASPI Syamsul ‘Ulum Kota Sukabumi, Jawa Barat. Dimana pembina ekskul ruqyah ini mengajar di sekolah tersebut dan muncullah inisiatif ini ketika ingin mencetak generasi praktisi ruqyah nasional di usia muda. Dan alhamdulillahnya, sudah berhasil mencetak generasi pertama dari praktisi ruqyah nasional di usia muda pada Minggu, 14 Mei 2017 di Kp. Cimayangsari, Kabupaten Bogor.

Peserta Ekskul Ruqyah Bersertifikasi
Setelah berhasil dari lulus sertifikasi akan mendapatkan sertifikat profesi yang akan bermanfaat untuk memenuhi syarat izin praktek, karena akan dibuatkan STPT (Surat Tanda Pengobat Tradisional) yang umumnya akan berlaku selama tiga tahun kedepan. Hal ini sesuai dengan kurikulum ekskul ruqyah paling tidak sudah 20 kali pertemuan atau sudah menempuh 8 bulan lamanya latihan di lapangan dan pembelajarannya. Karena hal ini dilaksanakan dari Oktober 2016 hingga 14 Mei 2017 diakhiri dengan sertifikasi profesi praktisi ruqyah nasional angkatan pertama dari ekskul ruqyah.

Sertifikasi Praktisi Ruqyah Nasional
Sertifikasi Praktisi Ruqyah Nasional
Ekskul Ruqyah di Indonesia
Kp. Cimayangsari Kabupaten Bogor
14 Mei 2017


Dimana peserta ekskul ruqyah generasi pertama sebelumnya terdiri dari 25 orang, namun yang lulus sertifikasi hanya ada 8 orang diantaranya: M. Aziz Wijaya, P.QHi (17), Agus Gustiana, P.QHi (17), M. Zildan Abdul Aziz, P.QHi (16), Heru Nurkhairi, P.QHi (16), Cecep Maulana, P.QHi (16), Pahmi Nurdiansyah, P.QHi (16).

Logo Ekskul Ruqyah
Logo ekskul ruqyah ini dikonsep oleh peserta ekskul ruqyah yang bernama M. Zildan Abdul Aziz (16), dimana dalam logo terdapat simbol masjid, jari tauhid, al-qur’an, dan teks ekstrakulikuler. Masjid menggambarkan tempat ibadah orang muslim dalam arti lain akan mengingatkan tentang kualitas ibadah, jari tauhid dalam arti lain mengajarkan ilmu yakin (keyakinan) dan keberanian untuk beristiqomah dijalan yang diridhoi olehNya, al-Qur’an adalah pegangan hidup bagi orang muslim Berikut logo ekskul ruqyah yang dimaksud:

Logo Ekskul Ruqyah di Indonesia
Logo Ekskul Ruqyah di Indonesia
Dokumen Pribadi



Biaya Sertifikasi Profesi Praktisi Ruqyah Nasional
Untuk biaya sertifikasi profesi ini terbilang sangat murah dengan biaya sertifikasi profesi lain pada umumnya. Sebagai contoh, kalau mengikuti sertifikasi profesi praktisi ruqyah nasional yang diadakan oleh tim pusat umumnya bertempat di Jakarta atau Bekasi. Sedangkan untuk biaya sertifikasi profesi tersebut seharga dengan Rp. 600.000 – Rp. 1.000.000. Sedangkan untuk sertifikasi praktisi ruqyah internasionalnya dengan biaya Rp. 1.500.000.

Untuk sertifikasi Certified Internet Marketing Practition (C.IMP) kelas internasional dengan biaya Rp. 11.000.000 (harga diskon) atau Rp. 12.000.000 (harga normal). Untuk sertifikasi praktisi herbalis tingkat nasional dengan biaya Rp. 2.900.000 (belum termasuk penginapan di hotel). Untuk sertifikasi hipnoterapi dengan biaya dimulai dari Rp. 1.000.000 – Rp. 3.000.000 (tergantung masa promo).

Jelas lebih murah dan terjangkau kan apalagi sertifikasi praktisi ruqyah nasional dengan perantara ekskul ruqyah ini bisa menjadi Rp. 300.000 – Rp. 500.000 (lebih murah pada umumnya).

Prosedur Pembentukan Ekskul Ruqyah di Sekolah Masing-Masing
Ada beberapa tahap yang akan disampaikan untuk sukses pembentukan ekskul ruqyah di sekolah masing-masing, diantaranya:
1.     Pengajuan proposal dikirimkan ke ...
Muhammad Adam Hussein, S.Pd, M.QHi (selaku pelopor Ekskul Ruqyah di Indonesia). Dengan alamat sebagai berikut:
Jln. Pabuaran No. 47 RT. 04 RW. 01
Samping Kiri Kel. Nyomplong – Kec. Warudoyong
Sukabumi Selatan 43131
Jawa Barat.
2.  Setelah fix untuk akomodasi, dana untuk pembina, dan lainnya. Siap segera dijadwalkan tiap minggu, tiap dua mingguan atau sebulan sekali.
3.   Pelaksanakaan perlu dikondisikan efektif sehingga ketika sampai disana siswa-siswi sudah siap untuk menerima pembelajaran dan pelatihan.

Kesimpulan
Setelah membahas apa sih ekskul ruqyah, akan segera hadir penjelasan tentang manfaat dan kurikulum ekskul ruqyah untuk memberikan pencerahan bagi masyarakat. Bila sampai sejauh ini ada yang ditanyakan silakan saja dalam kolom komentar. Pertanyaan yang sudah terjawab seperti: bagaimana prosedurnya supaya ekskul ruqyah terbentuk di sekolah, berapa biaya sertifikasi, dimana tempat sertifikasi, dan selanjutnya. [Muhammad Adam Hussein, S.Pd, M.QHi – www.adamsains.us].


SUMBER REFERENSI

Dokumen & Foto Ekskul Ruqyah
(* arsip oleh Muhammad Adam Hussein, S.Pd, M.QHi)


Muhammad Adam Hussein, S.Pd, M.QHi
Apa itu Ekskul Ruqyah.
Sukabumi, 30 Mei 2017


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa sih Ekskul Ruqyah?"

Posting Komentar